Bunga Mawar Kertas (2)

Postingan kali ini akan membahas step by step membuat bunga mawar kertas seperti dalam postingan ini

Bahan yang dibutuhkan:
1. Kertas untuk bunga (cari bahan yang tidak terlalu tebal, tidak terlalu tipis dan tidak licin permukaannya agar mudah dibentuk, bisa memakai kertas majalah bekas atau koran bekas untuk kesan unik dan berbeda)
2. Kertas hijau tua untuk bahan kelopak bunga.
3. Double-sided tape (selotip dengan lem di kedua sisi)
4. Kawat
5. Kertas hijau untuk bagian batang (biasanya yang mengandung lem dijual di toko kerajinan atau toko buku)
6. Gunting
7. Tang kecil

1 dan 2. Potong kertas berbentuk bujur sangkar, gunting keempat ujungnya membentuk lingkaran dan selanjutnya membentuk spiral.

3. Dimulai dari bagian terluar, gulung kertas ke arah dalam terus hingga habis, jaga agar gulungan kertas tetap rapat dan tidak longgar.

4. Saat gulungan dilepas maka kelopak bunga akan terbentuk. Gunakan double-sided tape untuk mengunci dan menjaga bentuk agar tidak berubah.

5. Siapkan kawat untuk batang bunga, bengkokkan ujungnya sekitar 4-5 cm dengan tang kecil.
6. Jepitkan ujung kawat ke bagian dalam kelopak, lakukan dengan hati2x agar tidak merusak bentuk bunga. Gunakan tang kecil untuk merapatkan jepitan kawat.

Membuat kelopak bunga:
7. Gunting kertas berwarna hijau tua membentuk lingkaran.
8. Bentuk sisi kertas menyerupai kelopak, buat satu garis guntingan ke arah tengah lingkaran. Di bagian pusat, gunting sedikit bagian membentuk lingkaran kecil.

9. Selipkan kelopak di antara kawat, lekuk sedikit mengikuti bentuk dasar bunga, rekatkan dengan double-sided tape di salah satu ujung.
10. Gunakan kertas hijau dengan lem di sekeliling kawat sebagai batang bunga; dan kini bunga mawar cantik siap dirangkai.

TIPS:
– Saat menggulung kelopak (langkah 3), jaga agar gulungan kertas tetap rapat dan tidak longgar di bagian ujung atas dan bawah gulungan dengan jari tangan. Sementara satu tangan menahan gulungan agar tidak lepas atau kendur, gunakan tangan lain untuk menggulung.

– Pastikan agar jepitan kawat (langkah 6) cukup longgar saat memasukkan kawat ke lingkaran dalam bunga. Rapatkan ujung kawat yang melengkung dengan tang setelah kelopak bunga ‘terkunci’dengan baik.

– Memasang kelopak (langkah 9) bisa digunakan untuk menjaga agar bentuk bunga tidak berubah. Lekuk sedikit kelopak menyerupai bentuk mangkok untuk dasar bunga. Pastikan agar kelopak menahan bentuk bunga dengan solid.

– Gunakan double-sided tapi di beberapa bagian dalam kelopak untuk menjaga bentuk dengan hati2x. Besar-kecilnya bunga ditentukan oleh kerapatan antar kelopak. Semakin rapat kelopak maka bunga akan semakin kecil, sebaliknya jika kelopak semakin longgar maka bunga akan semakin besar (mengembang)

SELAMAT MENCOBA!🙂

9 thoughts on “Bunga Mawar Kertas (2)

  1. Pingback: Bunga Mawar Kertas (1) | What I Made When I got Bored Lately…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s